Inilah Jenis Material Kayu Untuk Furniture Berkualitas

furniture

Furniture merupakan istilah yang digunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja atau tempat menaruh barang di permukaannya. Misalnya furniture sebagai tempat penyimpan biasanya dilengkapi dengan pintu, laci dan rak, contoh lemari pakaian, lemari buku dan lain – lain. 

Memiliki furniture di rumah merupakan sebuah kebutuhan primer untuk mengisi hunian. Salah satu kunci sukses untuk memiliki hunian yang nyaman adalah dengan memilih furniture yang sesuai. Tidak hanya model yang unik dan keren tetapi bahan yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan, terutama pada pemilihan bahan seperti bahan kayu.

Hasil gambar untuk Inilah Jenis Material Kayu Untuk Furniture Berkualitas

Ada beberapa jenis material kayu yang bisa anda gunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan furniture berkualitas. Adapun beberapa jenis material kayu tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Plywood. Plywood atau multipleks merupakan kayu yang tersusun dari beberapa lapisan-lapisan kayu dengan proses pembuatan yang merekatkannya. Berbeda dengan MDF, plywood terdiri dari serat dan kulit kayu. Lebih kuat dan awet, plywood merupakan kayu yang tidak mudah bengkok, lebih tahan cuaca dan bagus untuk furniture rumahan. Kelebihannya adalah selain tahan cuaca, plywood juga tahan terhadap air.
  2. Partikel board. Partikel board ini merupakan kayu yang terbentuk dari bahan serbuk-serbuk gergaji yang telah dipadatkan melalui proses kimiawi. Kualitasnya memang menggambarkan harga yang ditawarkan, dibandingkan plywood dan MDF, partikel board lebih murah. Beberapa produsen furniture dan mebel sudah lama menggunakan bahan partikel board.
  3. Solid wood. Solid wood atau kayu solid merupakan bahan furniture/mebel yang umum digunakan. Kayu solid menggunakan bahan material yang tidak dicampur apapun alias terbuat dari 100% kayu. Kayu solid juga merupakan kayu yang alami dan murni yang langsung diolah dan tidak memiliki rongga di dalamnya. Keunggulannya kayu solid adalah kuat dan tahan lama. Tidak memiliki rongga dan bervolume membuat kayu solid lebih tahan lama dibandingkan kayu olahan lainnya.
  4. Honeycomb board. Bahan furniture yang satu ini memiliki rongga-rongga kecil pada bagian dalamnya yang menyerupai sarang lebah. Kayu honeycomb menjadi salah satu kayu terfavorit untuk furniture rumahan seperti nakas, sofa, dan lemari pakaian. Bahannya yang enteng dan lumayan kuat menjadikan honeycomb board pilihan untuk produk furniture rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *