4 Tips Memilih Helm untuk Kebutuhan Berkendara yang Lebih Aman

99 views

Berkendara di jalanan tanpa mematuhi aturan standar lalu lintas bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Salah satunya soal penggunaan helm. Berapa banyak yang hingga saat ini masih abai dengan kebutuhan helm? Mumpung masih banyak yang memberikan promo Ramadhan, manfaatkan saja momen tersebut. Sebelum beli, simak dulu tips memilih helm.

1. Bukan Sekadar Gaya, Tapi yang Aman Jauh Lebih Baik

Anak muda seringkali berpikir soal penampilan dulu ketika membeli sesuatu. Entah itu pakaian, motor, mobil, helm, sepatu, dan lain-lain. Tidak sedikit yang mengabaikan sisi nyaman dan keamanan dari barang yang dibelinya itu. Perihal helm juga cukup problematis, sebab bersentuhan langsung dengan jalan raya.

Helm yang aman selalu memiliki standar nasional. Kemudian helm yang aman itu bukan yang terlalu sesak untuk kepala sehingga sulit dipakai maupun dicopot. Akan tetapi yang memiliki ukuran pas dengan kepala. Ketika dibawa berkendara, kepala tidak merasa keberatan maupun pusing. Helm yang full face maupun half face sangat cocok.

2. Terdapat Kaca Pelindung untuk Helm Half Face

Tidak seperti helm full face yang demikian rapat, faktanya helm half face ada yang tidak memiliki kaca pelindung. Itu berbahaya. Saat ini, jenis helm half face paling digemari daripada yang full face. Sewaktu-waktu mau melihat sekeliling jadi lebih mudah. Tanpa harus mencopot helm secara keseluruhan. Apa bahayanya ketika tidak ada kaca pelindung?

Helm tanpa kaca pelindung bisa menimbulkan banyak bahaya. Walaupun risikonya tidak mengenai batok kepala. Ketika Anda berkendara, debu-debu jalanan mudah masuk ke pori-pori kulit. Macam-macam sumber debu tersebut. Kemudian pada malam hari yang biasa diisi oleh hewan-hewan kecil beterbangan. Kalau hewan itu masuk mata saat berkendara gimana?

3. Memiliki Material dari Fiber

Material dari fiber memiliki kekuatan yang bagus ketika diadopsi ke dalam pembuatan helm. Fiber yang bermakna sebagai serat ini membentuk struktur helm agar tidak mudah rusak. Helm yang memiliki bahan fiber sangat ringan. Untuk membuktikan benar atau tidaknya, langsung dicoba saja ketika beli.

Kalau Anda belinya via online, cek berat dan dimensi helm yang dijual untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala. Kalau dibandingkan dengan bahan dari plastik memang kesannya fiber kalah. Tapi dari segi daya tahannya, lebih unggul bahan dari fiber. Untuk membeli helm berbahan fiber, lihat dulu produsennya.

4. Pilih yang Ada Visor Bogo dan Adjustable Strap

Salah satu helm yang memiliki visor Bogo dan adjustable strap adalah Corvus CR 1 Rolling Thunder. Jenis helm half face. Visor Bogo merupakan jenis kaca yang diproduksi oleh Bogo. Bentuknya tidak cembung seperti pada umumnya. Pada awalnya jenis kaca pelindung ini hanya digunakan oleh para pembalap agar akselerasinya lebih maksimal.

Oleh karena itu, visor Bogo sangat aman ketika dikenakan bersamaan dengan helm Anda. Fitur adjustable strap memiliki fungsi untuk menyesuaikan helm dengan ukuran kepala kita. Demi keamanan sewaktu berkendara.

Helm Corvus CR 1 Rolling Thunder bisa Anda beli di beberapa marketplace, salah satunya Blibli. Harga 1 unit helm ini sekitar 329 ribu Rupiah. Harga normalnya hampir 500 ribu kalau beli di tempat lain. Untuk periode bulan Ramadhan, Blibli menawarkan berbagai promo Ramadhan dengan ketentuan tertentu. Salah satunya Ramadhan Fair dengan diskon 80%.

Leave a reply "4 Tips Memilih Helm untuk Kebutuhan Berkendara yang Lebih Aman"