Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome

175 views

Skarabey.info – Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome, Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome

Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome

Cara mengintegrasikan IDM dengan Google Chrome — Internet Download Manager atau yang sering disebut dengan IDM merupakan sebuah software yang dimanfaatkan oleh banyak pengguna komputer dan internet untuk mendownload file atau software di internet. IDM menjadi sangat populer dan disukai banyak orang karena memang fitur-fiturnya yang diakui sangat canggih dan lengkap, serta mudah penggunaannya.

Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome
Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome

Adapun aktifitas browsing atau menjelajah di internet yang sering digunakan dari browser-browser yang ada yaitu seperti Mozilla Firefox, Safari dan Google Chrome, ketiga browser tersebut yang paling populer di dunia, dan yang akan dibahas kali ini yaitu tentang browser Google Chrome yang merupakan buatan dari Google Inc, sebuah perusahaan layanan internet raksasa yang berbasis di Amerika Serikat. Browser Chrome ini menjadi sangat populer dengan penggunanya yang sangat banyak di dunia karena tampilannya yang didesain simple dan nyaman dilihat.

Kelebihan IDM dan browser Google Chrome

Ketika menggunakan browser Google Chrome ini untuk mendownload file maka umumnya proses download akan berjalan secara otomatis, dan itu memang telah disetting secara default yang merupakan program bawaan dari browser Chrome itu sendiri. Sehingga agar kita nantinya yang sudah menggunakan software Internet download Manager (IDM) perlu mengetahui cara mengintegrasikan IDM dengan browser Google Chrome ini.

Sebelumnya, walaupun sudah terdapat fitur default pada Google Chrome untuk mendownload file-file di internet, tetapi dengan menggunakan IDM ini juga cukup membantu, karena IDM memiliki teknologi yang dapat mengoptimalkan proses download, dengannya proses download yang dilakukan akan berjalan dengan kecepatan penuh, selain itu dengan IDM maka akan mempermudah Kamu untuk melakukan manage atau mengatur file-file yang sedang didownload, Kamu dapat mendownload secara bersamaan, atau juga mendownload secara berurutan.

Nah adapun cara mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan browser Google Chrome tidaklah rumit, dimana Kamu tidak perlu  sampai memiliki kemampuan HTML yang rumit segala, yang penting pada komputer Kamu sudah terpasang program software IDM. Adapun tujuan dari IDM yang terintegrasi dengan browser Chrome adalah agar ketika mendownload suatu file maka secara otomatis (tanpa perlu Kamu atur kembali) proses download akan diambil alih oleh program Internet Download Manager, bukan lagi dari program default dari browser Google Chrome.

Seperti contohnya ketika ingin mendownload video dari situs Youtube, maka tombol download dari IDM nantinya dapat muncul secara otomatis, ini merupakan kelebihan dari program Internet Download Manager.

Cara mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan browser Google Chrome

Hal lainnya, bahwa Google chrome merupakan browser yang dinilai sangat ringan serta mudah diakses, pada keadaan koneksi internet yang sangat lemah Google Chrome tetap dapat diakses, sehingga pengguna bisa mendapatkan beberapa keuntungan besar dengan menghubungkan / mengintegrasikan Google Chrome dengan IDM, yaitu berupa pengoptimalan download sekaligus juga pengoptimalan browsing.  Berikut di bawah ini cara mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome.

  1. Pertama-tama jalankan browser Google Chrome
  2. Klik pada tombol “Customize and Control Google Chrome” (terletak di bagian pojok kanan atas browser chrome.
  3. Lalu muncul menu, klik “Setting”.
  4. Setelah itu, di tempat lain buka My Computer
  5. Buka directory IDM yang ada di My Computer Kamu tersebut (mudah kok mencarinya, entah di Local disk C / D / lainnya, tergantung dari Kamu meletakannya ketika menginstal IDM).
  6. Lalu cari file “IDMGCExt.crx”.
  7. Kembali ke browser Google Chrome
  8. Lalu pergi ke directory IDM dan ekstensi Google Chrome, drag file “IDMGCExt.crx” tadi yang Kamu cari ke ekstensi Google Chrome
  9. Dengan begitu akan dimulai proses menginstal ekstensi IDM ke browser Google Chrome.
  10. Jika sudah selesai maka Kamu dapat dengan sepuasnya untuk mengunduh file-file seperti video di Youtube misalnya, dengan menggunakan bantuan dari Internet Download Manager pada browser Google Chrome.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

  • Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows
  • Tips Membuat Komputer Lebih Cepat dan Stabil

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Mengintegrasikan Internet Download Manager (IDM) dengan Google Chrome"