ban motor terbaik

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Ban Motor Terbaik

Ketika memiliki motor untuk aktivitas sehari-hari, maka Anda juga harus memikirkan bagaimana perawatannya. Perawatan kendaraan bermotor harus dilakukan secara menyeluruh. Salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan adalah ban. Pastikan Anda memilih ban motor terbaik karena ban mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan. Yuk, cari tahu apa saja yang harus Anda perhatikan saat membeli ban motor di sini!

 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Ban Motor Terbaik

Berikut ini adalah 4 hal utama yang harus Anda perhatikan saat membeli ban terbaik:

1. Kode Ban

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah kode ban karena berisi informasi mengenai spesifikasi ban. Anda bisa melihat kode ban pada bagian samping ban. Kode tersebut terdiri dari rangkaian huruf dan angka yang menunjukkan spesifikasi seperti ukuran ban, indeks beban, dan indeks kecepatan.

Berikut ini penjelasan mengenai kode pada ban motor:

  • Ukuran ban

Bagian pertama pada kode ban menunjukkan ukuran dari ban yang akan Anda beli. Formatnya biasanya yaitu “90/90-18”. Artinya, angka pertama yaitu 90 adalah lebar ban dalam milimeter, lalu angka kedua yaitu 90 adalah rasio aspek (tinggi berbanding lebar), dan angka terakhir yaitu 18 adalah diameter pelek ban yang Anda beli dalam satuan inch. 

  • Konstruksi ban

Selanjutnya, kode ban juga menunjukkan konstruksi dari ban. Biasanya formatnya berupa huruf seperti “R” atau “B”. Jika Anda menemukan ban dengan kode “R” artinya adalah ban radial yang memiliki benang radial di bawah lapisan karet. Sedangkan kode “B” adalah bias yang memiliki benang diagonal di bawah lapisan karet.

  • Indeks beban dan kecepatan

Kode ban juga menunjukkan indeks beban serta kecepatan dari ban motor itu sendiri. Namun pada beberapa jenis ban terkadang tidak ada kode ini. Indeks kecepatan adalah kecepatan maksimal yang aman untuk ban yang Anda beli. Sedangkan indeks beban adalah beban maksimal yang bisa ditangani oleh ban yang Anda beli. 

2. Ukuran Pelek

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat membeli ban motor terbaik yaitu memastikan ukuran pelek dari ban yang dibeli sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Pasalnya, setiap kendaraan memiliki spesifikasi pelek sendiri-sendiri. Anda bisa melihat manual pengguna untuk mengetahui ukuran pelek yang sesuai. Atau bisa juga berkonsultasi dengan ahli mekanik terpercaya. Ukuran pelek mempengaruhi keamanan saat berkendara. 

3. Tipe Ban

Perlu Anda ketahui bahwa jenis atau tipe ban yang ada di pasaran sangat beragam. Biasanya, tipe ban memiliki tapak dan juga pola kembang yang disesuaikan kebutuhan. Misalnya ban untuk kendaraan di jalanan basah memiliki pola alur yang mampu meningkatkan daya cengkram di jalan basah sehingga meminimalisir kecelakaan. Jadi, pastikan memilih tipe ban sesuai kebutuhan untuk jalan basah, off-road, atau hanya sekedar on-road

4. Tanda Segitiga di Dinding Ban

Terakhir, Anda perlu memperhatikan tanda segitiga di dinding ban. Tanda segitiga tersebut menunjukkan arah rotasi yang benar dari ban. Arah rotasi ini penting karena mempengaruhi kinerja dari ban. Jika ban dipasang dengan arah rotasi yang salah, maka bisa mengurangi daya cengkram, terutama di jalanan licin atau basah.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan saat membeli ban motor terbaik. Pastikan memilih ban motor dari brand terpercaya dan kredibel karena jelas kualitasnya. Dunlop adalah brand pilihan banyak pengguna motor di Indonesia. Pilihan produknya lengkap mulai dari ban untuk on-road maupun off-road. Anda bisa melakukan pembelian di Dunlop Shop dan mengganti ban langsung di sana. Kunjungi website Dunlop untuk informasi lainnya!


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *